Tipe Gaya Rambut Wanita Agar tetap Cantik Natural

Tipe Gaya Rambut Wanita Agar tetap Cantik Natural

Jumat, 04 Februari 2022

 Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu bagian yang dilihat pertama oleh orang lain selain wajah, sehingga banyak yang merawat rambutnya agar selalu tampil maksimal terutama wanita. Nggak heran kaum hawa rela berlama-lama di salon demi mendpaatkan rambut yang indah dan menawan.



Sebagai mahkota bagi wanita, rambut selalu menjadi hal yang paling utama. Tentu wanita ingin mempunyai rambut indah dan rapi di setiap kesempatan. Setiap wanita pasti ingin memiliki penampilan yang cantik agar menarik perhatian banyak orang. Salah satu cara untuk menjadikan kamu terlihat cantik, dan menarik adalah dengan menata gaya rambut. Salah satu yang paling mudah adalah dengan mengikatnya. Mengikat rambut ke belakang atau biasa disebut dengan ponytail adalah ikat rambut yang paling mudah, dan banyak dipakai.

Hanya dengan mengambil semua rambut kemudian diikat dengan ikat rambut, dalam sekejap rambut sudah tertata. Sebenarnya ada banyak sekali cara dalam mengikat rambut yang lebih bisa membuat penampilan beda.


Berikut cara mengikat rambut simple tapi cantik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/12/2018).


1. Cepol

Punya Rambut Keriting, Coba Buat Cepol Super Simpel Ini, Yuk!

Cara mengikat rambut yang pertama adalah cepol. Untuk mendapatkan gaya rambut ini yang mirip dengan model rambut Jepang, cara yang harus dilakukan sangat mudah.


Cara mengikat rambut dengan gaya cepol:

Langkah pertama pastinya siapkan dulu alat-alatnya. Seperti sisir, ikat rambut, boby pin (jepit hitam kecil, dan tipis), dan jika perlu menggunakan alat untuk ‘melipat’ rambut praktis.


Sisir rambut dengan benar. Maksudnya, supaya tidak ada rambut yang kusut dan kurang rapi ketika diikat.


Ambil semua rambut kemudian tarik sampai tinggi, tidak perlu terlalu ada di atas kepala kecuali kamu mau seperti itu. Pastikan benar-benar semua rambut ada dalam genggaman.


Pelintir rambut yang ada dalam genggaman itu sampai bawah atau sampai mendekati ujung rambut kemudian putar di atas kepala sampai membentuk bulat. Bagian ujung rambutnya sembunyikan di antara cepol dan jepit dengan bobby pin sampai benar-benar menempel, dan kuat.


Cara lain selain ‘menempelkan’ cepolan dengan bobby pin adalah dengan mengikat cepolan tersebut dengan karet atau ikat rambut. Gunakan bobby pin di bagian bawah cepol supaya lebih rapi.


2. Kepang Perancis

Tutorial Kepang Sederhana ala Wanita Perancis

Rambut panjangmu akan terlihat cantik bila mencoba kepang model ini.

Cara mengikat rambut kedua adalah kepang Perancis. Tahu bagaimana kepang Perancis itu? Kepang Perancis sama dengan kepang biasanya tapi kepangannya menempel ke rambut dan biasanya dilakukan dari pangkal sampai ujung rambut. Cara mengikat rambut ini tidak bisa dilakukan semua wanita karena caranya yang berbeda dari kepang biasa.


Cara mengikat rambut ala kepang Perancis:


Ambil sedikit rambut yang ada di atas kemudian bagi atau pisahkan jadi tiga bagian yang kecil.


Samakan ukurannya.Kepang rambut itu dengan cara biasa.


Pegang kepangannya sambil ambil rambut lainnya yang ada di bagian bawah kepangan. Kemudian satukan rambut baru yang diambil tadi dengan kepangan pertama, dan kepang lagi.


Lakukan hal ini berulang kali sampai bagian bawah rambut (dekat leher belakang), dan sisanya kepang sampai ujung rambut. Ikat ujung kepangan dengan karet atau ikat rambut.


Dengan menggunakan tatanan rambut ini maka kamu lebih leluasa bergerak. Cepol atau bun adalah mengikat rambut di bagian atas kepala kemudian dibuat membulat. Gaya rambut ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan kapan saja.


3. Kuncir Rambut Lilit


Rambut dililitkan menutupi karet rambut. (Instagram/cintalaurakiehl)

Cara mengikat rambut ini adalah pembaruan dari kuncir kuda yang membuat cara blow rambut sendiri juga bisa membuat penampilan kamu bisa terkesan elegan juga manis. Caranya mudah dan hasilnya juga cantik.


Cara mengikat rambut gaya kuncir rambut lilit:


Ikat rambutmu dengan karet atau ikat rambut, dan simpan di belakang leher, jangan diangkat di kepala.


Sisakan rambut yang ada di samping kiri, dan kanan. Pastikan rambutnya sama banyak.


Bagi menjadi tiga rambut yang ada di samping kanan, dan kiri tersebut.


Ambil rambut yang ada di sebelah kiri, salah satu bagiannya saja dan pilin. Kemudian lilitkan ke karet yang sudah mengikat rambut sehingga karet benar-benar tertutup oleh rambut.

Ambil bagian lainnya, pilin, dan lilitkan satu per satu ke kuncir rambut sampai habis.


4. Kuncir Rambut Panjang


Cara mengikat rambut selanjutnya adalah kuncir rambut panjang. Cara mengikat rambut ini bisa membuat rambutmu terlihat lebih panjang.


Cara mengikat rambut dengan gaya kuncir rambut panjang:


Ambil setengah bagian rambut yang ada di atas kemudian ikat sesuai dengan ketinggian yang kamu inginkan.


Ikat juga sisa rambut yang belum diambil. Pastikan rambut bagian atas yang diikat menutupi ikatan yang ada di bawah agar tidak terlihat bahwa kamu sedang melakukan ‘manipulasi’.


Dengan melakukan cara ini rambutmu menjadi lebih panjang, dan tebal.


5. Twisted Hair untuk Rambut Pendek

Gaya ponytail ala Prilly Latuconsina ini keren banget. Prilly menyisakan sedikit rambut di bagian samping kanan dan kirinya. Selain itu, Prilly membuat rambutnya yang dikuncir itu dengan bergelombang. (Instagram/prillylatuconsina96)

Cara mengikat rambut dengan twisted hair. Rambut pendek juga bisa dibuat cantik dengan berbagai cara. Inilah salah satu cara model rambut wanita sebahu yang paling mudah, dan tidak menguras waktu.


Cara mengikat rambut dengan gaya twisted:


Sisir rambutmu, akan lebih baik jika mengeritingnya.


Ambilah rambut yang ada di sisi kepala. Putar rambut itu kemudian satukan pada bagian tengah kepala.


Tahan dengan jepit rambut atau ikat dengan karet rambut.


Selain untuk yang berambut pendek, kamu yang memiliki rambut panjang juga bisa memakai gaya ini. Gaya rambut cepol akan membuat penampilan lebih rapi. Selain untuk mempercantik, gaya rambut ini juga bisa menjadi siasatmu dalam menyembunyikan rambut yang sedang rusak atau ada dalam keadaan bad hair day makanya populer, dan banyak disukai.


6. Kepang Cepol


Cara mengikat rambut selanjutnya dengan gaya kepang cepol. Ini adalah gaya rambut cepol samping yang dikombinasikan dengan kepangan. Model rambut wanita Korea yang dikenal pada penampilan jadi bisa terlihat seperti yang ada di drama Korea.


Cara mengikat rambut gaya kepang cepol:


Sisir rambutmu dengan agak menyamping kemudian kepang dari bawah.


Ikat ujung dari kepangannya menggunakan karet Jepang.


Gulung rambut lewat bawah sampai habis, dan cepolan ada di bawah telinga. Tahan dengan bobby pin sampai rapi, dan kuat.


Gaya rambut sederhana ini bisa kamu gunakan untuk acara santai maupun pesta sebagai pemanis gaun. Gaya rambut ini sangat cocok kamu pakai pada acara yang semi formal.


Cara Mengikat Rambut Tanpa Ikat Rambut


1. Cara Mengikat Rambut Panjang Tanpa Ikat Rambut


Jika kamu memiliki rambut yang panjangnya sepunggung, maka mengikat rambut tanpa ikat rambut pun semakin mudah. Namun kalau rambutmu lepek, maka bisa mengatasi dengan bedak. Berikut cara mengikat rambut panjang tanpa menggunakan ikat rambut:


Pertama, rapikan rambut bisa menggunakan sisir namun jika tidak ada sisir kamu bisa merapikannya dengan menggunakan tangan.


Tarik ke belakang seluruh bagian rambut seperti saat akan mengikatnya menggunakan ikat rambut.


Selanjutnya, putar seluruh bagian rambut tersebut dengan gerakan menggelung seperti pada gambar di samping.


Kemudian, longgarkan sedikit bagian rambut yang menggelung dan belah tengah bagian atas rambut.


Setelah itu, masukkan secara perlahan gelungan rambut tersebut ke bagian tengah rambut yang telah dibelah sebelumnya.


Selesai dan rapikan lagi bagian-bagian yang masih berantakan agar hasilnya lebih maksimal.

2. Cara Mengikat Rambut Pendek Sebahu Tanpa Ikat Rambut


Rambut panjang sebahu pun juga bisa diikat tanpa menggunakan ikat rambut. Caranya pun sangat mudah dan hampir sama dengan cara sebelumnya. Siapkan sisir terlebih dahulu untuk merapikan rambutmu. Berikut cara mengikat rambut tanpa ikat rambut:


Pertama, sisir terlebih dahulu rambutmu hingga rapi lalu gunakan sisir untuk menarik ke belakang rambut seperti ketika akan mengikatnya.


Kemudian, buat gulungan seluruh bagian rambut tadi dengan gerakan menggelung seperti pada gambar di samping.


Setelah itu, longgarkan bagian rambut yang telah di gelung dan belah tengah bagian atas rambut seperti pada gambar.


Selanjutnya, masukkan seluruh bagian rambut yang telah digelung ke dalam bagian atas rambut yang telah dibelah sebelumnya.


Agar hasilnya maksimal rapikan kembali rambut yang telah diikat tanpa ikat rambut tersebut menggunakan jari tanganmu secara perlahan.

Namun, untuk acara pesta sebaiknya gunakan ikat rambut dan juga hair spray agar lebih tahan lama.