Rahasia Menghadapi Orang Sirik, Ini Caranya

Rahasia Menghadapi Orang Sirik, Ini Caranya

Minggu, 06 Februari 2022


Gak semua orang akan suka kepadamu. Bahkan, beberapa orang bisa saja membencimu meski kamu gak pernah berbuat salah pada mereka. Kamu mungkin punya sesuatu yang membuat mereka cemburu atau iri hingga pada akhirnya membencimu.


Orang-orang terdekatmu seperti teman atau keluarga bahkan bisa saja memiliki rasa iri dan kebencian terhadapmu, sehingga mereka mencoba untuk menjatuhkanmu. Lalu, bagaimana cara menghadapi orang-orang seperti itu? Simak beberapa tips untuk menghadapi rasa iri dan kebencian dari orang lain seperti berikut ini.


1. Jangan lakukan apa yang mereka lakukan

Kadang-kadang, orang yang menerima kecemburuan dan kebencian dari orang lain berbalik melakukan hal yang sama. Kamu gak perlu melakukannya. Jangan jadi salah satu dari mereka yang iri dan benci sampai ingin menjatuhkan. Kamu hanya perlu melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. 


2. Jangan membebani pikiran dengan kebencian mereka

Kamu gak perlu memikirkan kebencian yang kamu terima dari orang lain. Jangan pernah menjadikannya sebagai beban pikiran. Jika kamu terus menerus memikirkannya, kamu hanya akan menjadi semakin down dan pada akhirnya gak lagi melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. Tentu saja itu yang mereka inginkan, melihatmu jatuh. Maka, jangan pikirkan mereka!


3. Anggap mereka tidak waras

Kata sabar memang mudah diucapkan, namun nyatanya bagi banyak orang tak semudah itu untuk dipraktikan. Salah satu cara untuk belajar bersabar adalah menahan amarah di bulan suci ramadan.


Nafsu amarah itu menurut Ustaz Syam akan membuat lita mengarah kepada hal yang buruk dan kemudian disesalkan kedepannya.


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar ramadan bisa menjadi lebih berkah. Mulai dari harus nahan amarah, nahan emosi, banyak bersyukur, hingga memperbanyak berdzikir kepada Allah.


Ustaz Syam mengingatkan, yang namanya perasaan orang kan kita tidak bida kembalikan. Maka selagi bisa jangan sampai menyakiti hati orang lain.


Maka jangan sampai menyakiti perasaan orang lain. "Kadang kala kita marahi orang nih, ngerasa kita boss, ngerasa kita pimpinan kita marahin orang depan umum akhirnya kita ngerasa jago, ngerasa hebat padahal kita sedang menyakiti hati orang lain," kata Ustaz Syam.


Setiap dari kita adalah milik Allah, jadi jangan sampai Allah marah pada kita. Allah pun Maha Penyayang, Allah pun Maha Pengasih. "Kita mencontoh sifatnya Allah yaitu Allah Ar Rahim, Allah Yang Maha Penyayang," tutup Ustaz Syam.


Hanya orang-orang gak waras yang cemburu dan benci padamu sementara kamu gak pernah melakukan kesalahan. Mereka hanya iri hingga akhirnya menimbulkan kebencian. Mereka gak punya apa yang kamu punya dan ingin menjadi sepertimu, tapi gak punya kemampuan. Itulah mengapa mereka membenci dan ingin menjatuhkanmu. Mereka gak waras, jadi jangan terpancing.


4. Jauhi orang-orang yang membencimu

Putuskan hubungan dengan orang-orang yang iri dan benci, mereka beracun. Kamu gak perlu bertahan di sisi mereka bahkan jika mereka adalah teman atau keluargamu. Gak ada teman apalagi keluarga yang mau menjatuhkanmu, jadi jauhi mereka. 


5. Jalani hidupmu seperti biasa

Jangan biarkan kecemburuan dan kebencian dari orang lain merusak hidupmu. Kamu hanya perlu menjalani hari-harimu seperti biasa. Meski ada orang yang ingin menjatuhkan, percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa mengatasinya. Gak perlu takut hanya karena ada yang membencimu, tunjukkan pada mereka bahwa kamu gak peduli.


Nah, itulah dia 5 cara menghadapi kecemburuan dan kebencian orang lain. Ingatlah bahwa ketika ada orang yang iri dan benci padamu, itu artinya kamu istimewa dan mereka gak mampu menjadi sepertimu. Abaikan mereka dan teruslah menjalani hari dengan semangat!