Rahasia Bisnis Nasi Goreng Tegal yang Selalu Enak

Rahasia Bisnis Nasi Goreng Tegal yang Selalu Enak

Kamis, 03 Februari 2022


 

RANCAMANYAR, AYOBANDUNG.COM – Mengapa nasi goreng khas abang pedagang pinggir jalan selalu memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi goreng yang kita buat sendiri di rumah?

Ternyata nasi goreng abang-abang pinggir jalan ini menggunakan bumbu rahasia, loh, sehingga membuat nasi gorengnya enak dan mengeluarkan wangi yang nikmat. 

Mau tahu bumbu rahasianya apa? Berikut resep versi Ayobandung.com yang hampir mirip dengan resep bumbu yang dipakai oleh para pedangan nasi goreng. 

Bahan Bumbu Rahasia Nasi Goreng

Bahan untuk membuat nasi goreng ini sangatlah sederhana, cukup menyediakan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kemiri, cabai rawit. Dan bumbu tambahan yakni totole, lada, dan minyak sayur. 

Untuk takarannya, bawang putih dan bawang merah satu banding satu, dan bahan lainnya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Cara Membuat Bumbu Rahasia Nasi Goreng 

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni kupas dan cuci bersih semua bahan. Setelah itu masak dengan menggunakan minyak goreng panas. Tunggu hingga semua bahan layu dan agak kecoklatan. 

Setelah berubah warna kecoklatan, angkat lalu masukkan ke dalam belender. Sebelum dihaluskan, terlebih dahulu masukkan bumbu totole, lada dan minyak goreng bekas tadi. 

Belender hingga halus. Lalu, bahan yang sudah halus tersebut masak kembali dengan menggunakan api kecil. Tidak perlu sampai masak, cukup sampai berubah warna agak kecoklatan, bumbu bisa diangkat. 

Wanginya yang enak, menandakan bumbu ini sudah bisa digunakan untuk membuat nasi goreng. 

Jika membuat bumbu nasi gorengnya banyak, tidak perlu khawatir akan basi. Karena proses pembuatan yang digoreng kembali setelah dihaluskan, akan menjadikan bumbu ini awet hingga 1 bulan. 

Cukup masukkan ke dalam toples, lalu simpan di lemari pendingin. Bumbu nasi goreng yang kalian buat bisa digunakan kapan saja. 

Nah, mulai sekarang dengan mengetahui bumbu rahasianya, kalian sudah bisa menikmati nasi goreng dengan membuatnya sendiri kapan saja, tentu dengan cita rasa mirip seperti nasi goreng Abang-Abang pedagang pinggir jalan. Selamat mencoba!