Nagih Hutang ke Orang Tak Tau Diri? Ini Caranya

Nagih Hutang ke Orang Tak Tau Diri? Ini Caranya

Minggu, 06 Februari 2022



Seringkali kita merasa kesal dengan teman kita yang berhutang pada kita. Alih-alih pinjaman langsung dibalikan oleh teman kita, dia malah pura-pura amnesia akan hutangnya.

Ada dua kemungkinan yang akan terjadi meminjamkan uang kepada orang, yang pertama adalah hutang tersebut akan dikembalikan, dan yang kedua hutang tidak akan pernah dikembalikan. Ada 5 cara dalam menagih hutang yang susah bayar ini dia.

1 Berterus Terang dengan Alasan yang Tepat

Cara ini merupakan cara yang terlembut secara psikologi. Singkat dan berterus terang. Bila dengan mengatakan kejujuran ini hutang Anda dibayar berarti Anda termasuk orang yang beruntung. Karena cara ini seringkali tidak berhasil maka perlu ditambah lagi dengan trik-trik yang lain.

 

2 Mainkan Ego

Disini Anda perlu untuk mempermainkan rasa ego dan harga diri si penghutang. Anda bisa mengatakan kepada dia kalau dia merupakan orang yang adil dan orang yang selalu berusaha bertindak benar. Buat agar si penghutang merasa Anda begitu kagum dengannya.


3 Pancing Gengsinya

Pancing rasa gengsi dengan seolah-olah melibatkan orang lain ke masalah hutang ini. Anda coba ceritakan kepada penghutang bahwa ada beberapa orang yang Anda kenal mengatakan bahwa “kalau dia ngehutang jangan harap lagi uangnya akan balik, semoga aja kamu tidak seperti itu ya”.

Atau dapat juga saat berkumpul dengan penghutang dan teman-teman Anda meminta saran dari teman-teman Anda tentang cara menagih hutang yang bagus. Ini akan memancing gengsinya dan akhirnya dia membayar hutangnya.

 

4 Kerjain Balik

Waktu gajian teman Anda tetap tidak membayar hutang? Anda harus mengambil langkah tegas. Misalnya, saat makan siang mintalah teman Anda untuk membayar dulu tagihannya, saat teman Anda menagih uang makanan tadi, katakan bahwa dia juga masih punya hutang padamu.


5 Berani Menolak

Saat teman Anda belum mengembalikan uang Anda tapi masih berani meminjam uang Anda lagi, lebih baik Anda menolaknya.

Daripada nanti Anda sakit hati karena uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan. Jadi segera hindari meminjamkan uang pada teman Anda lagi sampai dia mengembalikan uang Anda terlebih dahulu.

 

Membantu teman yang memerlukan bantuan memang tidak ada salahnya. Tapi jangan sampai hal ini membuat masalah baru buat Anda kedepannya. Jangan sungkan untuk menagih uang yang telah Anda pinjamkan, karena hutang yang kembali tentu jauh lebih baik daripada tidak kembali.