Jauhi Kebiasaan Bermotor Tanpa Jaket, Ini Penyakitnya

Jauhi Kebiasaan Bermotor Tanpa Jaket, Ini Penyakitnya

Jumat, 04 Februari 2022

 GridOto.com- Motor merupakan alat transportasi yang dianggap praktis.

Selain praktis, menggunakan motor juga dianggap sangat menghemat waktu. 


Namun, jika mengendarai motor tanpa menggunakan pelindung seperti jacket dan helm pada dasarnya adalah sesuatu hal yang berbahaya.


Menanggapi hal ini, Dokter Umum Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi, Dian Prima mengatakan akan ada beberapa penyakit ditimbulkan bagi pengendara motor yang akibat tidak menggunakan jaket. 


1. Tubuh Menjadi tidak Fit dan Mudah Masuk Angin


Pada saat mengendarai sepeda motor, tubuh tidak bisa menghindari terpaan angin yang kencang yang apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama dapat membuat tubuh menjadi tidak fit dan akan mengganggu konsentrasi.


"Ketika kita banyak terkena angin, kalau dibilang masuk angin itu terlalu banyak gas masuk dalam saluran pencernaan sehingga bisa menjadi kembung," kata Dian kepada GridOto.com di Bekasi, Sabtu (17/2/2018).


2. TBC



TBC ini merupakan salah satu penyakit atau gangguan sistem pernafasan yang disebabkan oleh polusi udara yang didalamnya mengandung zat-zat beracun. 


3. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)


ISPA merupakan penyakit menular yang umum terjadi di Indonesia, dimana hal ini menjadi penyebab kematian mendadak pada bayi dan balita hingga mencapai angka 20 hingga 30%.


"Yang pasti terpapar oleh lingkungan diluar, apalagi badan bagian paling luar adalah kulit. Nah kulit itu akan semakin terpapar dengan zat apapun," ujarnya.


Untuk itu, lanjut dia, sebenarnya ketika seseorang berkendara tanpa jaket harus segera mandi 8 jam sekali dalam sehari.