Inilah Rahasia Tiktok cepat FYP permanen

Inilah Rahasia Tiktok cepat FYP permanen

Minggu, 06 Februari 2022


Pada bulan September tahun 2016, perusahaan ByteDance asal China meluncurkan aplikasi video musik yang diberi nama Douyin. Tak disangka, aplikasi tersebut mendapat respon positif dari masyarakat di sana. ByteDance pun mencoba peruntungan dengan meluncurkan aplikasi Douyin ke negara lain. Namun, aplikasi tersebut berganti nama menjadi Tiktok agar lebih catchy  dan mudah diingat.


Dulu, Tiktok lebih dikenal di kalangan remaja. Mereka menggunakannya untuk membuat video lipsync atau dance cover. Lama-kelamaan Tiktok mulai merambah ke segala usia. Kontennya pun nggak sebatas lipsync lagi, melainkan tutorial memasak, review film, pekerjaan, jalan-jalan, arsitektur, fashion, hingga promosi produk. Tiktok berhasil menjadi platform bagi mereka yang ingin menyalurkan hobi atau mengembangkan usaha melalui video berdurasi 15 detik sampai 3 menit.


Apa Itu FYP?

Di Tiktok, kita mengenal istilah FYP atau For Your Page. FYP adalah rekomendasi video yang muncul di beranda meskipun kita tidak mengikuti akun tersebut. FYP didukung oleh algoritma dan aktivitas yang sering kita lakukan di aplikasi. Jika sering menonton tutorial memasak, maka FYP yang sering muncul adalah video memasak. Jika kita menyukai konten jalan-jalan, video travelling akan lewat di FYP kita.


Gimana Cara FYP di Tiktok?

Siapa sih yang nggak kepingin kontennya viral, punya banyak likes dan komentar? Pasti kamu juga ingin konten yang kamu buat muncul di FYP dan mendapat exposure dari pengguna lain. Followers akunmu juga bakal bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa menjadi ladang bisnis bagi yang ingin memulai karir sebagai influencer di Tiktok. Wah menarik! Kalau begitu, intip 7 rahasia agar video kamu FYP di Tiktok:


1. Manfaatkan lagu (audio) yang viral

Kenapa ya Tiktok begitu populer? Dilansir dari howtogeek.com, kepopuleran Tiktok juga didukung oleh lagu yang sering didengarkan banyak orang. Misalnya, lagu It's Only Me milik Kaleb J yang dibuat versi remix dan menarik perhatian warga Tiktok untuk berjoget. Saat kita mengunggah lagu (audio) di Tiktok, pengguna lain bisa memakai audio yang sama di konten mereka. Kamu bisa mencontoh tips yang satu ini nih, membuat video dengan lagu yang sering dijadikan audio di Tiktok. Pasti langsung FYP!


Biar nggak pusing nyari-nyari, ada beberapa lagu yang sering dipakai pengguna Tiktok dan suka muncul di FYP akhir-akhir ini:


2. Buat konten yang lagi tren

"Eh, bikin video yang lagi rame di Tiktok yuk,"


Cara kedua agar video kamu masuk ke FYP yakni dengan mengikuti tren. Banyak challenge yang dapat kamu ikuti di Tiktok. Seperti joget DJ Lalala yang mengharuskan kamu dan beberapa orang lainnya menggerakan tangan, bahu, dan kepala sesuai irama lagu. Ada juga tren No Roots yang sering dibuat para pelaku UMKM untuk memperkenalkan pegawai dan produk mereka. Telusuri #trendalert di fitur Discover supaya kamu mengetahui seperti apa konten yang sedang disukai pengguna Tiktok.


3. Pelajari niche konten kamu

Seperti yang dibahas sebelumnya, Tiktok merambah ke semua kalangan tanpa memandang usia dan status sosial. Hal ini membuat aplikasi tersebut memiliki beragam video dengan tema yang berbeda. Namun, kamu perlu memperhatikan niche (target market) sebelum membuat video. Misalnya, kamu seorang ibu rumah tangga yang suka memasak dan membeli perabotan rumah. Maka, kamu bisa membuat video resep makanan, review peralatan dapur, atau vlog singkat seperti "A Day in My Life as Mom".  Konten kamu kemungkinan muncul di FYP mereka yang baru menikah dan memiliki anak.


4. Gunakan hashtag yang sesuai

Faktor lain yang bisa membuat video kamu masuk ke FYP adalah hashtag. Jangan banyak-banyak ya, pilih saja yang relevan dengan konten yang kamu publikasikan. Caranya, buka fitur Discover kemudian ketikkan hashtag tertentu. Nantinya, muncul beberapa rekomendasi hashtag dengan pencarian terbanyak. Selain itu, kamu bisa menyertakan salah satu dari hashtag berikut ini:


5. Perhatikan jam FYP

"Enaknya post  video jam berapa ya?"


Tiktokers pasti suka bingung kapan waktu yang tepat untuk mengunggah video. Tenang aja, hasil penelitian yang dilakukan oleh Marketing Hub menunjukkan bahwa konten yang di-post pada hari dan jam tertentu berpotensi masuk ke FYP lebih cepat. Tapi, sesuaikan juga nih dengan zona waktu yang dipakai oleh followers Tiktok kamu. Unggah video di sela-sela jam istirahat mereka untuk memperoleh engagement lebih banyak.


jadwal posting Tiktok agar FYP


6. Manfaatkan fitur Tiktok Pro

Buat yang mau jadi content creator di Tiktok, kini saatnya beralih ke Tiktok Pro. Akun Tiktok Pro memiliki fitur Analytics untuk melihat demografi followers dan mengukur keberhasilan konten yang sudah dipublikasikan. Dengan Tiktok Pro, kamu jadi tahu video mana yang paling disukai oleh audiens. Hal ini dapat dijadikan strategi untuk membuat video yang lebih menarik. Untuk mengaktifkan Tiktok Pro, kamu tinggal mengklik menu Privacy & Settings -> Join Tiktok Tester lalu ikuti instruksinya sampai selesai.


7. Kualitas konten yang baik

Last but not least, make an impressive content! Pertahankan kualitas konten kamu agar selalu muncul di FYP. Buat video yang kreatif, menghibur, dan bisa memberikan edukasi bagi pengguna lain. Kamu dapat menjawab pertanyaan yang mereka ajukan di kolom komentar, berbagi tips, membuat vlog singkat, atau duet dengan Tiktokers lainnya. Dijamin, viewers dan followers kamu bakal naik terus-terusan!


Selain 7 cara tadi, kunci untuk masuk ke FYP Tiktok adalah kesabaran. Percaya deh, nggak ada usaha yang sia-sia kok. Yuk, ikutan kelas pembuatan konten kreatif bersama Gita Savitri di Skill Academy. Good things take time, semangat calon content creator Tiktok!