Inilah Rahasia Modal Kecil, Untung Besar dari Bisnis Ayam Potong

Inilah Rahasia Modal Kecil, Untung Besar dari Bisnis Ayam Potong

Kamis, 03 Februari 2022

 Ternak ayam potong merupakan salah satu jenis usaha modal dengan keuntungan cukup besar dan sangat menjanjikan. Namun karena kendala baunya, usaha ternak ayam sebaiknya dilaksanakan di pinggiran kota yang jauh dari penduduk.

Sebagian besar orang pastinya menyukai makanan dari olahan daging ayam. Seperti ayam goreng, fried chicken, rendang ayam, opor ayam, ayam bakar, pepes ayam, ayam penyet, ayam geprek, dan lain sebagainya.

Permintaan masyarakat terhadap daging ayam sangat tinggi. Hal ini tak terlepas dari daging ayam merupakan barang kebutuhan pokok atau sembako yang diperlukan setiap hari.

Manusia tidak cukup makan nasi saja namun membutuhkan asupan protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya termausk dari daging ayam. Karena itulah usaha ternak ayam potong menjadi bisnis berprospek cerah dan sangat menjanjikan.

Berdasarkan data dari Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), konsumsi daging ayam masyarakat kita per kapita dalam setiap minggunya mencapai 0,121 kg. Kebutuhan masyarakat ini belum mampu dipenuhi secara baik oleh para peternak lokal.

Tidak seimbangnya kebutuhan daging ayam yang sangat tinggi dengan produksi daging ayam di kalangan peternak membuat harga daging ayam selalu mengalami kenaikan. Terlebih saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Jika anda jeli melihat peluang usaha ini, maka tingginya permintaan daging ayam setiap hari di masyarakat memunculkan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dengan beternak ayam broiler atau ayam potong.

Pangsa Pasar dan Persaingan Bisnis Ternak Ayam Potong

Anda tidak usah risau dengan pemasaran atau penjualan daging ayam. Karena pangsa pasar sudah terbentang luas. Berbeda dengan menjual produk lain, menjual daging hasil ternak ayam potong jauh lebih mudah karena setiap orang membutuhkannya.

Selain pangsa pasar perorangan atau rumah tangga, Anda juga bisa menjual daging ayam kepada para pedagang sayur mayur keliling, pasar tradisional, pengusaha kuliner olahan daging ayam maupun supermarket besar.

Pastikan kualitas daging ayam terjaga baik, seperti masih segar dan bersih. Supaya konsumen merasa puas atas pembelian daging ayam dan usaha modal kecil untung besar ini menjadi sukses.

Persaingan Bisnis Ternak Ayam

Usaha ternak ayam potong idealnya dilakukan di pedesaan atau pinggiran kota. Selain lebih leluasa dengan lahan luas, ternak ayam juga cocok dijalankan di daerah yang jauh dari permukiman penduduk agar baunya tak mengganggu.

Perkembangan bisnis beternak ayam di desa dan kota terasa berbeda. Di kota usaha ini tidak terlalu banyak kompetitor. Berbeda dengan beternak ayam di pedesaan yang tingkat persaingan sangat ketat.

Namun persaingan yang ada tak membuat bisnis ternak ayam potong tidak menarik. Usaha modal kecil untung besar ini bahkan menjanjikan karena pangsa pasar sangat luas dan permintaan tinggi setiap hari.

Pilihan Model Usaha Ternak Ayam Potong

Di sejumlah pedesaan yang banyak terdapat usaha ternak unggas, terdapat dua model usaha ternak ayam potong yang dijalankan. Anda bisa mengambil referensi model ini untuk usaha Anda.

Usaha Ternak Ayam Mandiri

Dalam model usaha ini, semua kegiatan dilakukan secara mandiri. Mulai dari pembuatan kandang, pengadaan bibit ayam, penyediaan pakan, hingga pemasaran daging ayam.

Namun modal yang harus dikeluarkan untuk usaha modal kecil untung besar model ini sangat besar. Namun keuntungan model ini harga jualnya Anda sendiri yang menentukan.

Usaha Ternak Ayam Bekerjasama dengan Perusahaan

Model usaha ternak ayam yang kedua ini sangat cocok dijalankan bagi yang tidak memiliki modal besar. Syarat model ini Anda hanya menyediakan lokasi usaha, kandang yang luas dan tenaga kerja.

Sedangkan untuk pakan, bibit ayam yang berjumlah ribuan hingga pelatihan beternak ayam potong akan diberikan oleh perusahaan secara gratis. Namun saat panen, harga jual daging ayam ditentukan oleh pihak perusahaan.

Pihak perusahaan yang akan mengambil semua hasil panen ayam dari Anda tanpa Anda perlu rep;ot memasarkannya. Baik untuk diolah sendiri oleh perusahaan ataupun dipasarkan lagi.

Itulah peluang usaha modal kecil untung besar dengan ternak ayam potong. Apapun model bisnis yang Anda pilih bisa disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda. Yang jelas, bisnis ini sangat menguntungkan.(R9/HR Online).