Cara Cepat melunasi Hutang Aplikasi Online, Ini rahasianya

Cara Cepat melunasi Hutang Aplikasi Online, Ini rahasianya

Minggu, 06 Februari 2022



Bagi siapapun kamu, pasti tidak akan asing dengan banyaknya SMS spam penawaran pinjaman online. Segala bentuk kemudahan akan mereka tawarkan untuk dapat memperoleh nasabah baru.

Tidak harus merasa malu jika pernah atau masih memiliki pinjaman online. Tentu saja akan ada berbagai hal yang melatar belakangi sehingga kamu harus meminjam pada Fintech Online.

Sekilas, memiliki hutang memang begitu terasa membebani, terutama jika kamu mulai lepas kendali atas cash flow. 


Ada beberapa cara melunasi hutang pinjaman online dengan secepat mungkin. Tetapi ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.


Menyadari bahwa kamu memiliki hutang dan harus segera terselesaikan. Dengan memiliki mindset seperti ini, kamu akan selalu waspada pada status keuangan. Alih-alih melunasi hutang, tanpa kesadaran ini kamu dapat menambah lebih banyak hutang.

Memiliki prioritas dalam keuangan, caranya cukup mudah tetapi sulit untuk dilakukan. Yaitu, dengan melakukan pencatatan pada setiap transaksi pemasukan dan pengeluaran.

Memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Setelah kamu sudah membiasakan diri dengan kedua hal tersebut. Akan mempermudah saat kamu akan melakukan metode pelunasan hutang berikut.

1. Menggunakan Metode Avalanche

2. Menggunakan Metode Snowball

3. Membayar Hutang Online dengan Pinjaman Bank

4. Menjual Aset Bergerak dan Tidak Bergerak

5. Meminta Bantuan Kepada Keluarga

1. Menggunakan Metode Avalanche

Metode ini sering juga dikenal dengan metode stacking debt. Yaitu kamu akan melunasi hutang pinjaman online dengan bunga tertinggi. Kamu dapat melakukannya dengan cara seperti berikut:


Seperti yang sudah kamu ketahui, tingkat suku bunga pinjaman online semuanya besar. Tetapi masih akan bervariasi besaran bunga tersebut, urutkan hutang pinjaman online dari yang paling terbesar.

Jika memungkinkan, bayar semua pinjaman online dengan pembayaran minimal. 

Hal ini akan memberikan waktu bagi untuk dapat mengumpulkan uang ekstra sebagai pelunas hutang dengan bunga terbesar.

Setelah hutang pada pinjaman online dengan bunga tertinggi lunas. kamu dapat membayar sebanyak mungkin untuk membayar tagihan pinjaman online selanjutnya. 


2. Menggunakan Metode Snowball

Kamu dapat melunasi hutang dengan nominal terkecil terlebih dahulu, hingga nominal terbesar. Cara ini dapat memberikan kamu motivasi lebih dalam melunasi hutang. Karena secara langsung kamu akan merasakan satu persatu hutang lunas secara sekaligus.


Cara menggunakan metode snowball:


Memberikan peringkat kepada hutang paling kecil hingga hutang paling besar.

Melunasi secepatnya dengan pendapatan atau simpanan pada hutang paling kecil.

Lanjutkan sesuai urutan nominal hutang terkecil selanjutnya hingga semua hutang lunas.

Untuk hutang online lain, kamu dapat menggunakan pembayaran minimum jika memungkinkan.

3. Membayar Hutang Online dengan Pinjaman Bank

Bunga serta denda yang akan kamu dapatkan saat meminjam dan telat membayar pinjaman online akan sangat mengerikan. Juga tempo yang sangat rendah, semakin terasa mencekik.


Salah satu cara melunasi hutang pinjaman online adalah dengan mengajukan pinjaman kepada bank konvensional. Rata-rata bunga serta jangka waktu pinjaman pada Bank konvensional lebih masuk akal dan manusiawi.


Jadi, kamu tinggal meminjam sejumlah uang kepada bank untuk melunasi semua pinjaman online.


4. Menjual Aset Bergerak dan Tidak Bergerak

Meskipun berat, salah satu cara paling logis untuk melunasi pinjaman online adalah dengan melunasi dengan semua kemampuan. Termasuk menjual semua aset yang tidak terlalu kita gunakan.


Akan selalu ada sentimen pribadi dalam melakukan metode ini. Namun dengan terlunasinya semua pinjaman, akan membuat pikiran tidak lagi terbebani. Dan dapat mengumpulkan lagi aset lain.


5. Meminta Bantuan Kepada Keluarga

Metode ini mungkin adalah metode yang terakhir kamu pikirkan, selain rasa malu, tentu ada beban moral lain. Tetapi jika kamu dapat menceritakan dan meminta bantuan kepada keluarga, beban hutang akan segera hilang. Selain itu, pelajaran mengenai hutang-piutang akan dengan baik menancap pada memori.


Bantuan dapat berupa pinjaman tanpa bunga, atau fresh money. Namun apapun jenis bantuan yang keluarga berikan, mereka adalah orang-orang yang selalu ada untuk kamu.