Buang Racun Habis Merokok, Ini Solusinya

Buang Racun Habis Merokok, Ini Solusinya

Jumat, 04 Februari 2022

Jakarta, CNN Indonesia -- Rokok dan kebiasaan merokok adalah biang kerok dari beragam penyakit paru-paru. Sekalipun tak merokok, tak ada jaminan kalau paru-paru Anda bakal sehat 100 persen dari efek rokok.



Pasalnya, meski tak jadi perokok aktif, banyak orang yang menjadi perokok pasif. 


Baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama menghirup asap rokok yang mengandung racun atau nikotin. Meski sudah berhenti merokok, dalam beberapa kasus sisa nikotin tetap tinggal di dalam paru hingga beberapa waktu. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi memusnahkan racun rokok dari paru-paru.


1. Jauhkan diri dari asap rokok

Demi paru-paru yang sehat, Anda harus menjauhkan diri dari asap rokok. Jika memang terpaksa berada di lingkungan atau tempat umum yang banyak perokok, gunakan masker atau kain penutup hidung.


Selain menjauhkan diri dari asap rokok, orang juga sebaiknya menjauhkan diri dari paparan karbonmonoksida. Karbonmonoksida (CO) biasanya ditemukan pada gas buang kendaraan bermotor atau briket batu bara.

Lihat juga:Menyetir Sambil Merokok dan Pakai 'Headset' Bakal Kena Sanksi


2. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan khususnya menghirup napas dalam-dalam bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengantar oksigen lebih banyak ke tubuh. Paru-paru menjadi kuat dan saluran napas menjadi bersih.


Dikutip dari Top 10 Home Remedies, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam rangka latihan pernapasan. Awali dengan berbaring di tempat yang datar dan nyaman.


Letakkan tangan pada bagian bawah rusuk, tutup mata dan hirup napas perlahan melalui hidung dalam lima hitungan. Tahan napas selama dua hitungan kemudian hembuskan perlahan dalam lima hitungan. Ulangi latihan ini sebanyak 9-10 kali per sesi. Sebaiknya lakukan latihan sebanyak 2-3 sesi per hari.


3. Konsumsi jahe dan pepermint


Jahe dan pepermint adalah dua bahan makanan yang mampu membersihkan paru. Jahe memiliki beberapa kandungan yang dapat mengeliminasi polutan dari udara yang dihirup sebelum mereka memasuki paru-paru. Orang dianjurkan untuk minum 2-3 cangkir teh jahe dalam sehari untuk menguatkan paru-paru.


Sedangkan pepermint dan minyak pepermint yang mengandung mentol dapat membuat rileks otot saluran pernapasan. Untuk menguatkan paru-paru, kunyah 3-5 lembar daun pepermint setiap hari atau minum teh pepermint.


4. Asupan omega 3

Omega 3 merupakan zat yang dapat membersihkan paru-paru. Selain itu, Omega 3 juga dapat memperbaiki fungsi paru-paru dilihat dari berkurangnya tingkat produksi lendir serta gejala penyakit paru-paru.


Tak sulit mendapatkan asupan omega 3, salah satunya lewat makanan laut alias seafood seperti sarden, kepiting, kerang, lobster dan tuna.


5. Perbaiki kualitas udara dengan tanaman hias

Membersihkan dan merawat kesehatan paru-paru berarti juga menyediakan lingkungan dengan kualitas udara yang baik. Memperbaiki kualitas udara dapat dilakukan dengan memelihara tanaman hias yang dapat menyaring udara dari polutan berbahaya.


Dilansir dari National Geographic, ada beberapa tanaman yang dpat jadi pilihan untuk menyegarkan udara dalam ruangan antara lain, dracanea yang mampu menyerap bau menyengat dan polutan udara, tanaman jade yang bisa menyerap polutan yang dihasilkan tiner atau pengencer cat, lili paris yang bisa menghilangkan etilbenzana, p-xylenes dan orthoxylene (senyawa beracun dari tinta, karet, lem, cat dan furnitur), bromelia yang bisa menyerap racun asap rokok dan asap kendaraan, dan kaktus opuntia yang tumbuh baik di tempat yang kaya sinar matahari.