4 rahasia Jenis Usaha Modal 50 ribu, profit 500 Persen!

4 rahasia Jenis Usaha Modal 50 ribu, profit 500 Persen!

Kamis, 03 Februari 2022

    Pernahkah Mom terpikirkan untuk memulai usaha rumahan modal 50 ribu? Kira-kira, uang 50 ribu bisa dipakai untuk jualan apa, ya? Mom, di zaman sekarang semuanya serba mungkin. Untuk memulai bisnis, yang terpenting adalah niat dan kerja keras. Bagaimana tidak, jika Anda punya modal besar namun tidak ada niat serta kerja keras, maka hasilnya akan sia-sia.

Ada banyak sekali jenis usaha rumahan modal 50 ribu yang dapat Mom coba. Tentunya Mom harus memilih sesuai dengan passion Anda, ya. Ingin tahu bisnis apa saja yang menjanjikan keuntungan meski dengan modal kecil? Cek di bawah ini!



Usaha rumahan modal 50 ribu

Tak harus memiliki modal besar, berikut usaha rumahan yang tidak ada matinya. Jangan khawatir, sebab cara membuat surat izin usaha rumahan tidak sulit, kok!

1. Jahit rumahan

Jahit rumahan sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin memiliki penghasilan, karena usaha ini bisa dibarengi dengan mengurus keluarga. Asalkan sudah memiliki mesin jahit, Mom tak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa ruko dan peralatan lainnya.

Yup, Mom dapat membuka usaha ini di rumah sendiri. Sebelum memulai usaha jahit rumahan, pastikan Mom memiliki skill menjahit terlebih dahulu, ya.

2. Potong rambut

Jasa potong rambut merupakan salah satu usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Anda tekuni, Mom. Tidak harus menyewa ruko untuk membuka outlet potong rambut, Anda bisa memulainya secara sederhana dengan menawarkan ke kerabat atau tetangga dekat terlebih dahulu. Peralatan yang diperlukan juga cukup sederhana, seperti gunting, sisir, dan alat cukur.

3. Jasa laundry

Membuka jasa laundry bisa dibilang sebagai usaha rumahan modal kecil untung besar. Tawarkan laundry ke tetangga dekat di sekitar rumah Anda. Mom tidak harus memiliki mesin cuci pengering khusus, cukup dengan mesin cuci biasa atau mencuci baju secara manual lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Modal yang perlu dikeluarkan usaha ini hanya untuk membeli detergen, sabun, atau pewangi saja, lho.

4. Jasa tulis artikel

Bagi Mom yang memiliki skill menulis, gunakanlah skill tersebut dengan membuka jasa tulis artikel. Usaha ini termasuk usaha rumahan yang tidak ada matinya Mom, sebab kini freelance penulis artikel sedang banyak dicari dan dibutuhkan perusahaan.

Carilah lowongan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah atau Anda juga dapat mempromosikan diri ke teman maupun saudara.

5. Cuci motor

Bingung membuka usaha apa saat musim hujan tiba? Usaha rumahan modal 50 ribu berupa cuci motor kecil-kecilan bisa jadi solusinya. Tak hanya itu, cuci motor juga termasuk usaha rumahan yang tidak ada matinya lho, Mom. Sebab setiap orang pasti butuh mencuci kendaraan, terlebih jika mereka tidak sempat mencuci sendiri karena kesibukannya.

6. Thrift atau fashion bekas

Menjual baju bekas adalah salah satu usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba di rumah. Manfaatkanlah baju bekas yang masih bagus dan layak pakai untuk dijual kembali, Mom. Mom bisa mengajak teman atau kerabat untuk mengumpulkan baju-baju preloved agar nantinya dapat digunakan sebagai modal awal Anda.

Jika sudah cukup berhasil, Mom bisa meningkatkan bisnis preloved dengan merambah ke pasar ekspor-impor untuk mendapatkan barang preloved dari luar negeri. Menarik, bukan? Cek panduan bisnis thriftshop anti ribet dari Ruangmom juga, ya Mom.

7. Laundry sepatu

Apabila di sekitar Mom sudah banyak orang membuka jasa laundry pakaian, maka cobalah untuk membuka usaha yang beda dari lainnya. Laundry sepatu bisa menjadi salah satu usaha rumahan modal 50 ribu yang juga memiliki prospek tidak kalah menguntungkan dari laundry pakaian, lho!

Oleh sebab itu, Mom dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyediakan jasa mencuci sepatu bagi tetangga maupun kerabat dekat. Anda juga bisa mengiklankannya di media sosial, Mom.

8. Pulsa dan kuota

Tak perlu keahlian khusus untuk dapat membuka usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini. Bermodalkan smartphone dan kuota internet, Anda bisa menjalankan bisnis penyedia pulsa dan kuota. Selain itu, Mom juga tidak perlu memerlukan tenaga ekstra untuk melakukannya.

Bisnis pulsa dan kuota juga termasuk minim risiko lho Mom, pasalnya barang yang dijual tidak mudah kadaluarsa maupun mudah busuk.

9. Dropshipper

Usaha rumahan modal 50 ribu berupa dropshipper mungkin sudah tidak asing lagi bagi Mom. Menjadi dropshipper tidak membutuhkan modal besar dan bisa dibilang sangat murah. Dropshipper merupakan orang yang menjual kembali barang dari supplier tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Dropshipper hanya memperlihatkan gambar produk pada calon konsumen. Apabila ada yang akan membelinya, maka dropshipper akan meneruskan pada supplier. Keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari selisih harga jual produk itu.

10. Jasa ketik

Hampir sama dengan jasa penulisan artikel, jasa ketik juga menjadi usaha rumahan modal kecil untung besar. Bedanya, jasa ketik tidak harus memiliki skill merangkai kata seperti penulisan artikel. Jasa ketik biasanya digunakan untuk mengetik tugas sekolah atau makalah. Bisnis ini akan berkembang jika rumah Mom berada di lingkungan dekat sekolah atau kampus.

11. Keripik

Keripik adalah jenis makanan ringan yang banyak diminati orang. Keripik kerap kali dinikmati sambil ngobrol, nonton tv, ngeteh, atau sekadar ngemil. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk membuka usaha rumahan modal 50 ribu, Mom.

Agar mendapatkan harga yang lebih murah, Mom dapat membeli keripik di tempat grosir terlebih dahulu, lalu mengemasnya lagi menjadi bungkusan kecil-kecil. Setelah itu, Anda bisa menjualnya ke teman, tetangga, atau menitipkan ke warung-warung sekitar rumah.

12. Angkringan

Meski terlihat harus memiliki modal besar, namun ternyata usaha angkringan juga bisa dijalankan dengan modal seadanya, Mom.

Jika Anda belum memiliki gerobak, manfaatkanlah meja, kursi, dan halaman depan rumah Anda untuk membuka usaha rumahan yang tidak ada matinya ini. Makanan yang dijual dapat berupa gorengan, sate telur, nasi teri, nasi bakar, teh hangat, kopi, dan lain sebagainya.

Cara membuat surat izin usaha rumahan untuk angkringan depan rumah juga tidak perlu ribet Mom, Anda cukup izin kepada RT dan RW setempat.

13. Jasa setrika

Prospek jasa setrika bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan bagi Mom. Bagaimana tidak, seiring meningkatnya mobilitas masyarakat, mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Untuk itulah jasa setrika menjadi usaha rumahan modal 50 ribu yang patut dicoba.

14. Kerajinan tangan (DIY)

Usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini akan menguji kreativitas Mom. Anda harus membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan seadanya agar menghasilkan sesuatu yang unik dan menarik. Mom bisa berkreasi menggunakan barang-barang bekas atau membeli bahan-bahan untuk handicraft.

Tak perlu khawatir kekurangan ide, Mom dapat mencari referensi di YouTube dan mempelajarinya melalui video tutorial. Mom bisa membuat dompet, celengan, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

15. Tanaman hias

Di masa pandemi ini, tanaman hias memang sedang banyak digandrungi. Orang-orang mencari kegiatan agar tidak cepat bosan, misal dengan berkebun dan mempercantik rumahnya. Mom bisa memanfaatkan peluang ini sebagai usaha rumahan modal 50 ribu, lho.

Tidak harus memiliki modal besar, mulailah dengan menanam sendiri tanaman yang bisa tumbuh cepat. Ketika sudah tumbuh sesuai yang diinginkan, Mom dapat menjualnya.

Itulah rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Jika Mom bersungguh-sungguh dan telaten menjalaninya, bukan tidak mungkin bisnis tersebut akan berkembang semakin besar dan sukses. Semangat, Mom!